Langsung ke konten utama

Sejarah Logo Telkom Indonesia dan Edit Logo Telkom Indonesia


Sejarah Logo Telkom Indonesia

Menelisik sejarah perkembangan telekomunikasi di Indonesia tentu tak bisa terlepas dari dimulainya pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg) pada tanggal 23 Oktober 1856 lalu. Hari itulah yang saat ini ditetapkan sebagai hari lahir Telkom Indonesia.

Pada masa pemerintah kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1882, perusahaan ini merupakan badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf, oleh Pemerintah Hindia Belanda kemudian dimasukkan ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).

Sejak Indonesia merdeka, perusahaan telekomunikasi ini kemudian dikelola oleh negara. Pada tahun 1961 status jawatan diubah menjadi  Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel) dengan menggunakan logo berbentuk lingkaran yang ditengahnya terdapat gambar bola dunia dan ikon burung merpati.




Pada tahun 1965 PN Postel kemudian dipecah menjadi dua, yakni menjadi PN Pos dan Giro dan satunya menjadi PN Telekomunikasi. Dari PN Komunikasi, pada tahun 1974 perusahaan ini berubah menjadi  Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) dengan menggunakan logo yang baru berbentuk kotak dengan gambar bola dunia di tengahnya.







Adapun arti logo Telkom yang diluncurkan tahun 1991 ini adalah :
  • Bentuk bulatan dari logo melambangkan keutuhan Wawasan Nusantara; Ruang gerak TELKOM secara nasional dan internasional.
  • Tulisan TELKOM bermakna, modern, luwes, dan sederhana.
  • Warna biru tua dan biru muda bergradasi melambangkan teknologi telekomunikasi tinggi/ canggih yang terus berkembang dalam suasana masa depan yang gemilang.
  • Garis-garis tebal dan tipis yang mengesankan gerak pertemuan yang beraturan menggambarkan sifat komunikasi dan kerjasama yang selaras secara berkesinambungan dan dinamis.


Tulisan INDONESIA tersebut menggunakan huruf Futura Bold Italic, yang menggambarkan kedudukan perusahaan TELKOM sebagai Pandu Bendera Telekomunikasi Indonesia {Indonesian Telecommunication Flag Carrier). Logo ini digunakan hingga tahun 2009 lalu saat Telkom meluncurkan “New Telkom” (“Telkom baru”) yang ditandai dengan penggantian identitas perusahaan.


Logo baru TELKOM memiliki bentuk yang lebih moderen, kaya akan warna dengan menghadirkan simbol berupa telapak tangan yang menggenggam bola dunia. Logo baru ini merupakan cerminan dari “brand value” baru yang selanjutnya disebut dengan “Life in Touch” dan diperkuat dengan tag line baru pengganti “committed 2U” yakni “the world is in your hand”. Secara rinci, arti logo Telkom ini adalah :
  • Expertise : makna dari lingkaran sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru TELKOM yaitu TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutainment.
  • Empowering : makna dari tangan yang meraih ke luar. Simbol ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar.
  • Assured : makna dari jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat
  • Progressive : kombinasi tangan dan lingkaran. Simbol dari matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.
  • Heart : simbol dari telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan.
Makna warna dalam Logo Telkom
  • Expert Blue pada teks Telkom melambangkan keahlian dan pengalaman yang tinggi
  • Vital Yellow pada telapak tangan mencerminkan suatu yang atraktif, hangat, dan dinamis
  • Infinite sky blue pada teks Indonesia dan lingkaran bawah mencerminkan inovasi dan peluang yang tak berhingga untuk masa depan.


Pada tanggal 17 Agustus 2013, Telkom kembali meluncurkan wajah logo baru untuk perusahaannya. Dengan mengambil semangat HUT RI ke-68, Telkom memperkenalkan penampilan baru logo Telkom yang mencerminkan komitment Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.


Penampilan logo baru tersebut mencakup perubahan logo secara menyeluruh dan terintegrasi dengan empat aspek dasar perusahaan, yaitu transformasi bisnis, infrastruktur, sistem dan model operasi serta sumber daya manusia.

Filosofi Warna
  • Merah – Berani, Cinta, Energi, Ulet – Mencerminkan spirit Telkom untuk selalu optimis dan berani dalam menghadapi tantangan dan perusahaan.
  • Putih – Suci, Damai, Cahaya, Bersatu. – Mencerminkan spirit Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.
  • Hitam – Warna Dasar – Melambangkan kemauan keras.
  • Abu – Warna Transisi – Melambangkan teknologi







Gambar diatas adalah logo Telkom Indonesia yang saya edit. Saya menambahkan sedikit gambar seperti ada alasannya berikut penjelasannya :
  • Saya menambahkan gambar seperti sebuah sinyal dengan jumlah garis 5, 5 melambangkan Pancasila.
  • Digambarkan seperti sinyal, diharapkan Telkom Indonesia bisa mencakup ke semua penjuru Indonesia dan bisa dipakai bersama-sama.
  • Sinyal tersebut berwarna Merah, karena diinginkan Telkom bisa berani mengambil segala tindakan sudah direncanakan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Web, Aplikasi Web dan Web content

ARSITEKTUR WEB. Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Website arsitektur memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majala...

BLIBLI.COM

Apa itu BLILI.COM Blibli merupakan layanan e-commerce kepunyaan PT. Globa Digital Niaga, anak perusahaan dari Grup Djarum dibidang teknologi. Blibli.com took online yang mencoba menawarkan sesuatu yang berdeda dengan menghadirkan sebuah siklus yang memungkinkan konsumen berbelanja seperti layaknya di mall. Blibli.com memiliki sistem pembayaran yang aman, pengiriman barang dan layanan call center. Produk yang ditawarkan Kategori yang ditawarkan : •         Fashion •         Beauty •         Gadget •         Kids and baby •         Electronics •         culinary •         Handphone •         Interest & entertainment •         Automotives ...

Keadilan, Cita-Cita Dan Pandangan Hidup

KEADILAN DINEGARA INDONESIA Kali ini saya akan membahas bagaimana keadilan yang berada di Indonesia, oleh karna itu pertama adalah pengertian dari keadilan itu sendiri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata keadilan berasal dari kata dasar adil. Adil mempunyai arti kejujuran, kelurusan, dan keikhlasan yang tidak berat sebelah. Dengan demikian, keadilan mengandung pengertian sebagai suatu hal yang tidak berat sebelah atau tidak memihak serta tidak sewenang-wenang. Berdasarkan pengertian keadilan diatas, maka saya akan menyangkutpautkan dengan keadilan yang ada di Indonesia ini.  Sudah kita tahu, bahwa keadilan di Indonesia saat ini sangat menyedihkan. Bagaimana tidak, banyak kasus yang sangat sepele pun bisa sampai dibawa kepengadilan. Cara yang sebaiknya dilakukan adalah dengan cara secara kekeluargaan dan bermusyawarah dengan baik. Keadilan di Negara kita ini sangatlah tidak adil. Seperti contoh kasus Nek Asyani yang diduga mencuri 7 batang kayu jati milik Peru...