Langsung ke konten utama

Dampak Dari Aplikasi New Media (Twitter, Facebook, Youtube)

Nama: Rizka Zulfani Syahrir
NPM: 56416552

STUDI KASUS MENGENAI DAMPAK YANG TERJADI DARI APLIKASI NEW MEDIA (TWITTER, FACEBOOK, YOUTUBE)


New media adalah suatu hal baru yang menyangkut dengan teknologi pada zaman modern ini. Teknologi canggih yang manusia ciptakan untuk membuat sesuatu menjadi lebih mudah. New media sendiri diangkutkan dengan penggunaan internet sebagai penghubungnya. Dengan teknologi canggih yang sekarang ini, terdapat sejumlah aplikasi/media sosial yang mulai bermunculan seperti facebook, twitter maupun youtube. Dari contoh ketiga aplikasi terserbut, menggunakan internet sebagai penghubung antara satu pangguna dengan penggunalainnya. Sebagai contoh untuk facebook, seorang user facebook dapat berbincang atau disebut dengan “chat” dalam dunia maya dengan penghubung internet. Tanpa internet, maka tidak akan bisa mereka berbincang-bincang. Aplikasi twitterpun demikian, dengan mengetik status atau tentang bagaimana hari ini berjalan, maka kita dapat membagikan ke orang lain untuk dibaca. Jika youtube, kita dapat berbagi video yang kita punya kepada seluruh warga didunia, kita dapat “like” video tersebut dan dapat subscribe pengguna youtube tersebut. Dari ketiga aplikasi tersebut, pasti terdapat baik dan buruk dampak yang didapatkan. Berikut adalah dampak dari aplikasi tersebut: 


Dampak Positif Media Sosial
1.      Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs media sosial ini anak menjadi lebih mudah   berteman dengan orang lain di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.
2.      Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
3.      Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat,  perhatian  dan  empati.  Misalnya  memberikan  perhatian  saat  ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
4.      Menjalin silaturahmi terhadap teman-teman lama yang terputus komunikasi sebagai akibat dari perbedaan jarak dan waktu, sehingga silaturahmi yang terputus bisa terjalin kembali dengan baik.
5.      Menambah ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan penggunakan teknologi dengan jejaring sosial, secara langsung kita dapat menguasai penggunaan teknologi tersebut dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan membaca dan membuka link-link yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
6.      Media Sosial bisa digunakan untuk usaha atau kegiatan-kegiatan yang menghasilkan pendapatan bagi pengguna, misalnya menawarkan produk atau jasa yang kita jual melalui sosial media.

Dampak Negatif Media Sosial
1.      Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata, tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu, jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
2.      Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri, mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitarmereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
3.      Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
4.      Situs jejaring social adalah lahan yang subur bagi predator untuk melakukan kejahatan, kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru kita kenal anak kita di internet menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak.
5.      Banyaknya situs-situs porno yang bisa dengan mudah diakses oleh pengguna, hal ini bisa mempengaruhi terhadap perilaku pengguna atau masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Menteri komunikasi dan Iformasi (Meninfokom) harus berbuat tegas dan massif untuk memblokir semua situs-situs porno yang beredar diinternet atau media sosial.


Beberapa aplikasi New Media dan pengaruh nya :
1.     Search Engine.
Search Engine merupakan alat untuk mencari informasi di internet. Contoh nya Google,Yohoo,Bing. Positifnya, kita dengan mudah dapat mencari informasi atau data untuk keperluan akademik,tugas atau pekerjaan. Negatifnya, dapat mencari sesuatu yang tidak baik, seperti konten pornografi dan sebagainya.
2.      Social Media.
Social Media yaitu alat atau sarana untuk saling terhubung dengan orang lain. Posifinya, kita akan mendapat banyak kenalan baru. Negatifnya, dapat menjadi sarang kejahatan, seperti penipuan.


Dampak sosial media terhadap kualitas tidur remaja
Dirangkum dari berbagai penelitian, analisis para ilmuwan menunjukkan adanya korelasi kuat (hubungan, bukan penyebab) antara penggunaan media sosial dan gangguan tidur. Volume dan frekuensi interaksi media sosial yang lebih berat dikaitkan dengan kemungkinan masalah tidur yang lebih besar. Volume mengukur jumlah waktu yang dihabiskan seorang remaja untuk ber-medsos setiap hari. Frekuensi mengukur jumlah kunjungan ke situs media sosial selama seminggu, alias seberapa sering Anda log-in ke situs tersebut dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Remaja yang menghabiskan waktu mereka untuk berinteraksi di dunia maya hampir setiap saat, dalam artian volume maupun frekuensinya sama-sama tinggi, memiliki peningkatan risiko hingga tiga kali lipat mengalami gangguan tidur, termasuk insomnia. Peneliti belum berhasil mengetahui apa yang menjadi penyebab timbulnya hubungan ini, namun mereka menduga bahwa ada banyak faktor yang berperan di baliknya.

Misalnya saja, beberapa orang cenderung jumpalitan berusaha keras mempertahankan eksistensinya di dunia maya, dan kemudian tekanan ini membuat mereka tidur larut malam demi memilah-memilih dan kemudian mengunggah foto terbaiknya di instagram. Beberapa lainnya memilih beralih ke platform lainnya untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya — dengan memulai kultwit atau perang komentar negatif di FB.

Kegiatan-kegiatan ini menyalakan gairah emosional, kognitif, dan fisiologis otak sehingga membuat mereka merasa segar hingga melupakan tidur. Atau mungkin, beberapa orang justru sudah mengalami kesulitan tidur duluan sehingga menggunakan media sosialnya untuk menghabiskan waktu sampai mereka bisa kembali tidur.

Padahal, remaja pada umumnya membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa. Jadi penggunaan media sosial di malam hari bisa sangat merugikan kesehatan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa remaja membutuhkan tidur 9,5 jam setiap malam tapi rata-rata hanya mendapatkan 7,5 jam. Kurang tidur bisa membuat anak kelelahan, mudah tersinggung, stres, dan lebih cenderung gampang sakit — terserang batuk pilek, flu, hingga gangguan pencernaan seperti maag dan muntaber.

Remaja yang kurang tidur rentan mengalami gangguan kecemasan dan depresi
Dampak kurang tidur kronis bisa meningkatkan risiko anak remaja mengalami depresi. Pasalnya, masa-masa remaja pada dasarnya adalah periode rentan bagi anak untuk mengembangkan isu-isu kesehatan mental jangka panjang. Apalagi jika ditambah dengan pemenuhan dorongan kebutuhan untuk selalu online di medsos yang sudah lama terkait dengan penurunan tingkat kepercayaan diri, serta peningkatan risiko gangguan kecemasan dan depresi.

Seringnya penggunaan media sosial di kalangan anak-anak dan remaja juga telah dikaitkan oleh banyak penelitian dengan peningkatan tingkat stres psikologis. Semua faktor ini bisa saling berkaitan memicu dan/atau memperparah depresi pada anak.

Tingkat penggunaan media sosial yang lebih tinggi juga meningkatkan risiko remaja untuk menjadi korban cyber-bullying. Keduanya terkait dengan peningkatan risiko gangguan kecemasan dan depresi pada anak remaja.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Web, Aplikasi Web dan Web content

ARSITEKTUR WEB. Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Website arsitektur memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majala...

Script, Storyboard, dan Design Script Dalam Sebuah Game

Nama    : Rizka Zulfani Syahrir NPM      : 56416552 Kelas     : 3IA06 Game    : Gardenscape (android) Script Di dalam game Gardenscapes, diceritakan bahwa pemain akan mendapatkan surat dari seorang butler bernama Austin, suratnya berisi bahwa pemain mendapat warisan rumah megah dengan taman yang luas milik paman pemain tersebut. Pemain pun datang ke rumah tersebut dan bertemu dengan Austin. Austin memberitahukan kepada pemain bahwa taman dan rumah tersebut, yang telah menjadi milik pemain, sudah terbengkalai dan butuh perbaikan. Tugas pemain adalah memperbaiki taman tersebut dan mempercantiknya. Untuk menyelesaikan misi memperbaiki taman tersebut, pemain akan bermain puzzle berupa mencocokan benda benda seperti buah, daun dan butiran air. Jika telah menyelesaikan permainan itu, akan mendapatkan coin dan bintang untuk menyelesaikan misi. Taman yang dimiliki pemain sangat besar dan memiliki bermacam masalah, s...

Aspek - Aspek Mendirikan Perusahaan

ASPEK – ASPEK MENGENAI MENDIRIKAN PERUSAHAAN Mata Kuliah Pengantar Bisnis Informatika Dosen:  Muhammad Fadly Disusun Oleh: KELOMPOK 1.         Mhd Rizki W                                   NPM : 50416618 2.         Rizka Zulfani Syahrir                      NPM : 52416198 3.         Siti Evi Nurahayu M                       NPM : 57416084 KELAS: 4IA06 FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA 2019/2020 BAB II PEMBAHASAN 2.1 Regulasi da...