KARAKTERISTIK WEB
1. Bentuk Web
1. Bentuk Web
- Search Engine : jenis website yang mengumpulkan data website dan informasi dari berbagai website yang ada di internet ke dalam database yang kemudian dapat ditampilkan berdasarkan kanta kunci pencarian oleh pengguna.
- Directory : menyajikan informasi data terhadap hal yang spesifik, misalnya data alamat-alamat restoran di berbagai kota dan lain sebagainya.
- Portal : merupakan ‘pintu gerbang’ menuju sumber informasi atau situs lain.
- Wiki : website yang berisikan informasi akan hal tertentu (orang, benda, peristiwa, istilah dan lain-lain) dimana pengunjung diijinkan untuk ikut menulis dan mengedit informasi tersebut dengan mengacu pada peraturan-peraturan tertentu yang mereka tetapkan.
- Social Media : website yang menampung anggota atau member untuk membentuk suatu komunitas baik skala kecil maupun besar/global dimana di dalam website tersebut para member dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi.
- Forum : website yang menyuguhkan sarana untuk berdiskusi, terkadang forum bisa mirip dengan social media karena hal-hal seperti keanggotaan dan interaksi antar anggota, tetapi website forum tidak fokus pada hubungan petemanan antar anggota/member seperti halnya social media.
- File / Media Storage & Sharing : website yang memberikan layanan di mana kita bisa menyimpan berkas (file), foto atau media dengan menguploadnya ke website tersebut dan beberapa layanan seperti ini juga memiliki fungsi untuk berbagi file ataupun media tersebut.
- Email & Aplikasi : tidak hanya bergerak dibidang email maupun pengolahan dokumen, tetapi juga bidang lainnya, ada website yang menawarkan layanan untuk pengolahan data keuangan (finance), project management dan lain sebagainya.
- Game Online : di dalamnya memberikan layanan utama bermain game secara online.
- E-Commerce : Memiliki tujuan untuk ‘berjualan’ secara online.
- E-Learning : website yang memberikan layanan belajar atau kuliah online.
- Blog : sebuah jenis website yang berbentuk jurnal atau diary online.
- Company Profile : website yang menampilkan profil dari sebuah perusahaan termasuk informasi produk atau jasa, portfolio sebuah perusahaan sampai dengan informasi daftar klien.
- Personal Website : merupakan ‘etalase’ online bagi perusahaan, Personal Website juga memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai ‘etalase’ online, hanya biasanya kontennya lebih bersifat pribadi.
2. Perilaku Navigasi Web
- Standar : yang memberikan overview dan peta penjelajahan sebuah situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer.
- Advance : Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri sebuah situs, namun dengan cara lebih spesifik.
3. Pencarian Web
- Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih,
- Pencarian berdasarkan kata kunci, mereka mencoba mencocokkan dengan tepat kata kunci tersebut dengan teks yang ada dalam dokumen,
- Tidak perlu dilakukan browsing, dan tidak ada subjek dari kategori,
- Database dijaring dan dikumpulkan oleh spider, yaitu computer yang memiliki program robot, dengan kemampuan seminimal mungkin dari pandangan atau sentuhan manusia,
- Ukuran search engine: dari skala kecil hingga mampu menyimpan sangat banyak (sekitar 20 milyar halaman web).
- Meta search engine dengan cepat melakukan pencarian ke dalam beberapa database dari berbagai search engine dalam satu kali permintaan. Hasilnya? Adalah daftar yang dihasilkan dari penggabungan hasil pencarian dari beberapa search engine yang mereka libatkan.
4. Peran Web dalam Perilaku sosial
- Kesederhanaan : Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
- Jangkauan Global : Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
- Membangun Hubungan : Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
- Terukur : Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
5. Dampak Dari Perilaku Sosial
- Dampak Positif : Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia, dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah, mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan.
- Dampak Negatif : Anti sosial, pornagrafi, gambling, deindividuasi,
6. Proses Analisis Web
PARAMETER
- Accesibility: Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA
- Readibility : Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.
- Speed :Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik.
- Content : Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.
- Technology : Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.
ANALISIS
- Menentukan Sasaran pengujian : Maksud
dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa
saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi yang
yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut. Dan seberapa baik desain
itu dibangun.
- menemtukan proses dan pelaporan pengujian : Dengan menentukan proses pengujian dan susunan pelaporan pengujian, maka setiap anggota dalam sebuah tim penguji akan mengerti aliran dari sebuah proses pengujian.
- memantau hasil pengujian : Ketika kita sudah memulai sebuah proses pengujian aplikasi, kita akan menemukan beberapa error, bug, defect, dan sebagainya. Sehingga tim penguji membutuhkan cara untuk menyimpan, mengorganisir dan mendistribusikan informasi tersebut kepada semua anggota tim penguji. Tim juga akan membutuhkan cara untuk menjaga tim agar tetap mendapat informasi status dari sebuah proses pengujian. Oleh karena itu, dalam sebuah pengujian dibutuhkan pemantauan hasil (tracking results).
- menentukan area pengujian : Menentukan area pengujian disini diartikan sebagai pembagian wilayah kerja dari sebuah tim, misalkan sebuah tim penguji dibagi menjadi tiga area pengujian yaituWEB server, database server, dan application server.
- menentukan kegunaan aplikasi : Dalam tahap usability test ini kita akan mencoba meneliti tiga aspek yang berkaitan dengan user’s experience diantaranya adalah :
Apakah WEB application tersebut memiliki desain antarmuka yang konsisten?
Seberapa mudahkah navigasi dari WEB application tersebut?
Apakah feed back yang diberikan WEB application tersebut sesuai dengan keinginan pengguna? - pengujian unit : Unit testing ini merupakan pengujian yang hanya fokus pada beberapa bagian kecil dari fungsionalitas WEB application. Misalnya menguji kebenaran dari penyimpanan data setelah pengguna menekan tombol “submit”.
- pengujian kode HTML : Pengujian kode HTML ini bertujuan untuk menguji apakah aplikasi tersebut dapat dijalankan pada bermacam-macam browser, resolusi layar dan OS yang berbeda.
- load testing : Pengujian ini dimaksudkan untuk mengukur seberapa lamakah sebuah halamanWEB application di-load kedalam browser milik pengguna. Pada umumnya, sebuah halaman dapat di-load kurang dari 15 detik.
- user acceptance testing : Dengan melakukan pengujian ini, tim akan mengetahui apakah WEB applicationtersebut sudah memiliki fungsi yang sesuai dengan keinginan pengguna atau belum. Pengujian ini dapat dilakukan dengan menguji aplikasi versi Beta.
- pengujian keamanan : Tahap ini merupakan tahap akhir yang penting untuk mengetahui apakah WEB application tersebut sudah memiliki sistem keamanan yang baik atau belum. Kita juga harus menguji apakah WEB application tersebut aman terhadap serangan dari dalam maupun luar sistem.
SUMBER :
- http://nadiasafarah.blogspot.co.id/2017/04/proses-analisis-web-dan-parameter.html
Komentar
Posting Komentar