Sejarah Logo Telkom Indonesia
Menelisik sejarah perkembangan
telekomunikasi di Indonesia tentu tak bisa terlepas dari dimulainya
pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan
Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg) pada tanggal 23 Oktober 1856 lalu.
Hari itulah yang saat ini ditetapkan sebagai hari lahir Telkom Indonesia.
Pada masa pemerintah kolonial
Belanda tepatnya pada tahun 1882, perusahaan ini merupakan badan usaha swasta
penyedia layanan pos dan telegraf, oleh Pemerintah Hindia Belanda kemudian
dimasukkan ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).
Sejak Indonesia merdeka,
perusahaan telekomunikasi ini kemudian dikelola oleh negara. Pada tahun 1961
status jawatan diubah menjadi Perusahaan
Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel) dengan menggunakan logo berbentuk
lingkaran yang ditengahnya terdapat gambar bola dunia dan ikon burung merpati.
Pada tahun 1965 PN Postel
kemudian dipecah menjadi dua, yakni menjadi PN Pos dan Giro dan satunya menjadi
PN Telekomunikasi. Dari PN Komunikasi, pada tahun 1974 perusahaan ini berubah
menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi
(Perumtel) dengan menggunakan logo yang baru berbentuk kotak dengan gambar bola
dunia di tengahnya.
Adapun arti logo Telkom yang
diluncurkan tahun 1991 ini adalah :
- Bentuk bulatan dari logo melambangkan keutuhan Wawasan Nusantara; Ruang gerak TELKOM secara nasional dan internasional.
- Tulisan TELKOM bermakna, modern, luwes, dan sederhana.
- Warna biru tua dan biru muda bergradasi melambangkan teknologi telekomunikasi tinggi/ canggih yang terus berkembang dalam suasana masa depan yang gemilang.
- Garis-garis tebal dan tipis yang mengesankan gerak pertemuan yang beraturan menggambarkan sifat komunikasi dan kerjasama yang selaras secara berkesinambungan dan dinamis.
Tulisan
INDONESIA tersebut menggunakan huruf Futura Bold Italic, yang menggambarkan
kedudukan perusahaan TELKOM sebagai Pandu Bendera Telekomunikasi Indonesia
{Indonesian Telecommunication Flag Carrier). Logo ini digunakan hingga tahun
2009 lalu saat Telkom meluncurkan “New Telkom” (“Telkom baru”) yang ditandai
dengan penggantian identitas perusahaan.
Logo baru
TELKOM memiliki bentuk yang lebih moderen, kaya akan warna dengan menghadirkan
simbol berupa telapak tangan yang menggenggam bola dunia. Logo baru ini
merupakan cerminan dari “brand value” baru yang selanjutnya disebut dengan
“Life in Touch” dan diperkuat dengan tag line baru pengganti “committed 2U”
yakni “the world is in your hand”. Secara rinci, arti logo Telkom ini adalah :
- Expertise : makna dari lingkaran sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru TELKOM yaitu TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutainment.
- Empowering : makna dari tangan yang meraih ke luar. Simbol ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar.
- Assured : makna dari jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat
- Progressive : kombinasi tangan dan lingkaran. Simbol dari matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.
- Heart : simbol dari telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan.
Makna warna dalam Logo Telkom
- Expert Blue pada teks Telkom melambangkan keahlian dan pengalaman yang tinggi
- Vital Yellow pada telapak tangan mencerminkan suatu yang atraktif, hangat, dan dinamis
- Infinite sky blue pada teks Indonesia dan lingkaran bawah mencerminkan inovasi dan peluang yang tak berhingga untuk masa depan.
Pada tanggal
17 Agustus 2013, Telkom kembali meluncurkan wajah logo baru untuk
perusahaannya. Dengan mengambil semangat HUT RI ke-68, Telkom memperkenalkan
penampilan baru logo Telkom yang mencerminkan komitment Telkom untuk memberikan
yang terbaik bagi bangsa Indonesia.
Penampilan
logo baru tersebut mencakup perubahan logo secara menyeluruh dan terintegrasi
dengan empat aspek dasar perusahaan, yaitu transformasi bisnis, infrastruktur,
sistem dan model operasi serta sumber daya manusia.
Filosofi Warna
- Merah – Berani, Cinta, Energi, Ulet – Mencerminkan spirit Telkom untuk selalu optimis dan berani dalam menghadapi tantangan dan perusahaan.
- Putih – Suci, Damai, Cahaya, Bersatu. – Mencerminkan spirit Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.
- Hitam – Warna Dasar – Melambangkan kemauan keras.
- Abu – Warna Transisi – Melambangkan teknologi
Gambar diatas adalah logo Telkom Indonesia yang saya edit. Saya
menambahkan sedikit gambar seperti ada alasannya berikut penjelasannya :
- Saya menambahkan gambar seperti sebuah sinyal dengan jumlah garis 5, 5 melambangkan Pancasila.
- Digambarkan seperti sinyal, diharapkan Telkom Indonesia bisa mencakup ke semua penjuru Indonesia dan bisa dipakai bersama-sama.
- Sinyal tersebut berwarna Merah, karena diinginkan Telkom bisa berani mengambil segala tindakan sudah direncanakan.
Referensi : https://jobtrenurtika.wordpress.com/logo-telkom/
Komentar
Posting Komentar